Bagaimana Menjadi Desainer Logo

Bagaimana Menjadi Desainer Logo

Logo adalah bagian yang paling mudah dikenali dari sebuah merek. Bisnis menggunakan gambar-gambar ini sebagai representasi visual dari merek mereka. Jika Anda tertarik untuk membuat gambar yang berkomunikasi dengan pelanggan dan membantu bisnis menetapkan identitas mereka, Anda dapat mempertimbangkan untuk menjadi desainer logo. Pada artikel ini, kita akan membahas apa itu desainer logo, apa yang mereka lakukan, bagaimana menjadi seorang desainer logo, dan berapa gaji yang diharapkan.

Apa itu desainer logo?

Seorang desainer logo adalah seorang desainer grafis yang mengkhususkan diri dalam menciptakan gambar dua dimensi bagi perusahaan untuk digunakan sebagai representasi visual dari merek mereka. Logo membuat pengingat visual cepat tentang perusahaan dan nilai-nilainya. Berikut adalah beberapa aspek dari logo yang sukses:

Sederhana: Logo yang berhasil mudah dikenali dan ditafsirkan.

Memorable: Sebuah logo mewakili sebuah perusahaan, sehingga perusahaan sering mencari desainer logo yang dapat menciptakan sesuatu yang unik dan mudah diingat.
Abadi: Perusahaan tidak sering mengubah logo, jadi logo harus menahan diri untuk tidak secara eksklusif menggunakan tren desain yang mungkin tidak terlihat menarik bagi konsumen di masa mendatang.
Serbaguna: Logo perusahaan muncul di banyak bahan, seperti pakaian bermerek atau papan reklame, sehingga logo yang efektif dapat dikenali, apa pun medianya.
Relevan: Logo yang baik relevan dengan nada dan pesan perusahaannya.

Apa yang dilakukan seorang desainer logo?

Berikut adalah beberapa tugas seorang desainer logo:

Teliti industrinya

Desainer logo tetap mengikuti perkembangan tren desain grafis sehingga mereka dapat menemukan teknik baru yang mungkin ingin mereka masukkan ke dalam desain mereka sendiri. Tren ini memengaruhi pilihan gaya seperti warna, font, dan tema. Mempelajari logo lain juga bisa menjadi cara yang baik untuk mempelajari lebih lanjut tentang kerajinan tersebut. Dengan cara ini, desainer logo dapat melihat aspek logo mana yang berhasil dan apa yang ingin mereka masukkan ke dalam desain mereka sendiri. Situs web dan media sosial dapat menjadi tempat yang baik bagi desainer logo untuk menemukan logo atau potongan desain grafis lain untuk menginspirasi mereka.

Buat sketsa logo dan buat file digital

Tergantung pada proses mereka, seorang desainer logo dapat membuat sketsa logo sebelum mereka memasukkannya ke dalam perangkat lunak yang memungkinkan mereka untuk memanipulasinya secara digital. Untuk satu proyek, seorang desainer logo dapat membuat sketsa beberapa ide orisinal sehingga mereka memiliki banyak bahan untuk dikerjakan ketika mereka mengembangkan logo.

Setelah mereka memiliki beberapa sketsa, mereka mengimpor sketsa tersebut ke dalam perangkat lunak desain grafis. Perangkat lunak ini membantu mereka menyempurnakan gambar. Perancang dapat membuat beberapa versi logo yang berbeda yang berfungsi untuk ruang atau dimensi apa pun. Perangkat lunak desain grafis juga membantu mereka melihat berbagai hal dan mengedit detail kecil yang sulit disesuaikan dengan sketsa. File digital inilah yang dikirim oleh desainer grafis ke klien sebagai produk akhir.

Bekerja dengan merek dan sertakan umpan balik

Desainer logo bekerja untuk klien, jadi mereka berkolaborasi dengan klien mereka selama proses desain untuk memastikan bahwa mereka memenuhi kebutuhan pelanggan. Melakukan riset tentang klien dan industri memberi desainer logo ide yang bagus tentang mulai dari mana dengan ide desain mereka. Biasanya, mereka mengajukan beberapa ide dan terus mengembangkan ide yang paling disukai klien, dengan hati-hati memasukkan umpan balik apa pun ke dalam desain.

Bagaimana menjadi seorang desainer logo

Bagaimana menjadi seorang desainer logo
Berikut adalah beberapa langkah yang dapat Anda ikuti untuk menjadi seorang desainer logo:

1. Dapatkan gelar empat tahun dalam desain grafis

Meskipun mungkin untuk bekerja sebagai desainer logo dengan gelar associate, gelar sarjana dapat memberikan pelatihan yang lebih spesifik dan beragam keterampilan yang disukai manajer perekrutan. Gelar empat tahun juga dapat menguntungkan desainer logo karena memberikan mereka akses ke kelas sejarah bisnis dan seni, yang keduanya dapat menginformasikan karir mereka. Memahami bisnis dapat memberi desainer wawasan tentang klien potensial mereka dan membantu mereka yang tertarik dengan pekerjaan lepas untuk memahami cara mendirikan bisnis mereka sendiri. Sejarah seni dan kelas seni lainnya sangat membantu karena menambah pengetahuan desainer tentang seni visual.

2. Selesaikan magang

Menyelesaikan magang desain grafis atau desain logo dapat memberi Anda kesempatan untuk menerapkan keterampilan Anda di lingkungan langsung. Ini juga membiasakan Anda untuk bekerja dengan anggota tim dan klien, yang merupakan pengalaman berharga untuk dimiliki ketika Anda bersiap untuk melamar pekerjaan penuh waktu. Selain itu, Anda dapat belajar tentang industri atau ceruk tertentu yang Anda sukai untuk bekerja sebagai desainer.

3. Bangun portofolio

Untuk melamar pekerjaan, kumpulkan portofolio di situs https://www.gamehacker.info/ digital pekerjaan yang menunjukkan pengalaman Anda sebagai desainer grafis. Anda dapat menyertakan logo apa pun yang Anda buat sendiri atau untuk orang lain selain karya lain yang menunjukkan kemahiran desain grafis Anda. Anda dapat memilih opsi portofolio digital yang memungkinkan Anda menghosting pekerjaan Anda secara online, sehingga mudah untuk dibagikan dengan orang-orang di jaringan Anda dan calon pemberi kerja.

Baca juga : Desainer web