Desainer web

Desainer web

Apakah Anda mencari dengan Google atau Bing? Kemungkinannya adalah Anda mem-bookmark mesin pencari yang Anda sukai serta situs yang sering Anda kunjungi untuk alasan yang baik – keduanya menarik secara visual dan mudah digunakan. Desainer web membantu menciptakan kombinasi sempurna antara bentuk dan fungsi untuk mencari nafkah. Desainer menggunakan tipografi, citra, dan perangkat visual lainnya, untuk menciptakan dunia digital tempat Anda dapat menemukan informasi yang Anda butuhkan dan senang mencarinya. Ini adalah pekerjaan yang sempurna untuk seseorang yang, seperti yang dikatakan Big Future, “sebagian seniman dan sebagian ahli komputer.”

Ada banyak karir di bidang seni – direktur seni, ilustrator, seniman potret, desainer grafis, dan lainnya – dan bekerja sebagai desainer web adalah salah satu cara untuk menggunakan kemampuan artistik Anda di bidang yang berkembang pesat. Menggabungkan apa yang Anda sukai dengan memenuhi kebutuhan klien berarti mendapatkan gaji yang dapat diandalkan.

Apa yang Dilakukan Desainer Web?

Apa yang Dilakukan Desainer Web

Desainer dan pengembang membantu klien menciptakan kehadiran virtual mereka. Seorang desainer web mengubah merek menjadi pengalaman online. Dalam desainnya, perancang web tidak hanya memikirkan keseluruhan desain situs web, tetapi juga tentang fungsinya. Sebuah situs web harus berisi semua informasi yang ingin dikomunikasikan oleh perusahaan kepada pengunjungnya, dan pengunjung harus senang menggunakan situs tersebut untuk menemukan informasi tersebut.

Desainer web bekerja dengan klien untuk memahami apa yang mereka inginkan dari situs web mereka. Terkadang, desainer mungkin hanya merevisi situs web lama untuk meningkatkan desain dan/atau fungsi fitur tertentu. Untuk klien lain, desainer mungkin harus memulai proses desain dari awal. Sementara beberapa perusahaan memerlukan situs web yang lengkap, klien lain mungkin menginginkan halaman arahan dasar yang dapat mereka kembangkan menjadi halaman tambahan seiring pertumbuhan basis klien mereka. Desainer web harus tetap fleksibel dan mempertimbangkan keinginan klien – dan anggaran – yang terpenting.

Kehadiran online terus berubah, jadi menjaga hubungan baik dengan klien sangat penting. Klien mungkin hanya memerlukan situs mikro yang menautkan ke situs utama mereka untuk menampilkan produk tertentu, atau mereka mungkin menginginkan paket digital berkelanjutan yang dapat diperbarui oleh perancang sesuai kebutuhan. Beberapa desainer sangat aktif, menerapkan setiap perubahan sendiri untuk klien. Desainer web lain menggunakan platform yang memungkinkan klien untuk mengedit sendiri, atau mereka bermitra dengan perusahaan digital lain untuk aspek desain tertentu. Banyak perusahaan atau profesional desain dikontrak untuk dukungan dan pemeliharaan web sesuai dengan kerangka waktu yang ditentukan.

Seorang desainer web sering bekerja dengan tim profesional lainnya, termasuk arsitek informasi, pakar UX (pengalaman pengguna), anggota tim pemasaran, staf penjualan, dan banyak lagi. Mendesain dengan mempertimbangkan semua bagian yang bergerak ini dapat membuat pekerjaan desainer lebih menantang. Pengembang web adalah bagian lain dari tim, dan dia adalah profesional yang menyatukan semua perspektif dan bakat dari berbagai anggota tim untuk menciptakan produk kerja yang sudah jadi.

Perbedaan Antara Desainer Web dan Pengembang Web

Karena namanya sangat mirip, Anda mungkin bertanya-tanya: “Apa perbedaan antara desainer web dan pengembang?” Sementara peran desainer web adalah desain, pekerjaan pengembang web lebih teknis. Pekerjaan ini membutuhkan dua keahlian dan jenis pengalaman dan pendidikan yang berbeda. Beberapa perusahaan mungkin menggunakan istilah tersebut secara bergantian, tetapi desainer dan pengembang sebenarnya adalah dua posisi yang berbeda, masing-masing berfokus pada bagian yang berbeda dari pengembangan back-end situs web.

Sementara seorang desainer web berfokus pada estetika – tata letak, halaman web, warna, font, tombol – dari sebuah situs web, pengembang web, atau pemrogram, bekerja untuk membuat situs berfungsi dengan benar. Pengembang ahli dalam bahasa seperti Ruby, Java, Python, PHP, dan Rails, untuk beberapa nama, sementara desainer menggunakan Photoshop, JavaScript, HTML, dan CSS (cascading style sheets). Prachi Londhe dari Red Balloon Advertisers mengatakan bahwa desainer menggunakan “bagian kreatif dari otak… otak kanan, sementara pengembangan mengambil sisi logis dan penalaran dari otak [otak kiri].” Desainer bekerja dengan desain visual dan antarmuka pengguna, dan pengembang menemukan solusi logis untuk membuat situs berfungsi.

Pengembangan web membutuhkan kualifikasi tambahan dan pemahaman yang lebih mendalam tentang ilmu komputer daripada yang diharapkan dari seorang desainer web. Para profesional desain dan pengembangan ini bekerja bahu-membahu untuk mengubah desain visual awal menjadi produk yang berfungsi. klik situs ini untuk mengetahui lebih lanjut.

Seorang desainer web mendekati proyek secara kreatif, merancang situs untuk mencerminkan merek dan menarik serta mempertahankan pengunjung utama. Pengembang front-end memastikan semua elemen transisi desain, pas, dan terhubung sebagaimana mestinya. Pengembang back-end bahkan lebih tidak jelas dalam prosesnya. Dia memastikan bagian yang tersembunyi berfungsi dengan benar (server berjalan; halaman dimuat, tidak hanya dengan benar tetapi dengan cepat, dll.). Pengembang situs web yang mengelola pengembangan front-end dan pengembangan back-end disebut pengembang full-stack.

Baca juga artikel berikut ini : Cara Belajar Desain Web pgsoft slot di tahun 2021