8 Tips Untuk Mempelajari Dasar Web Design

8 Tips Untuk Mempelajari Dasar Web Design

Desainer grafis, desainer cetak, dan kreatif yang ingin mempelajari sesuatu yang baru atau masuk ke situs web harus berhenti menunda-nunda. Setiap hari Anda tidak mengambil langkah pertama membuat Anda satu hari lebih jauh di belakang orang lain!

Ikuti langkah-langkah ini untuk mulai mempelajari cara membuat situs web pertama Anda, praktik terbaik industri, dan banyak lagi — semuanya dalam 30 hari! Disini kami juga mempunyai contoh untuk anda bagaimana  mendesign sebuah website dengan menarik, kunjungi situs : fish hunter.

2 Juta + Aset Digital, Dengan Unduhan Tidak Terbatas

 

Dapatkan unduhan tak terbatas 2 juta + sumber daya desain, tema, templat, foto, grafik, dan lainnya. Envato Elements mulai dari $ 16 per bulan, dan merupakan langganan materi iklan terbaik yang pernah kami lihat.

1. Mulai Situs Web

Anda tidak harus memulai dengan situs web besar atau desain gila; mulai dari yang kecil. Bermainlah dengan situs web, cari tahu apa yang membuat semuanya berfungsi. (Dan pastikan untuk memeriksa kodenya, sehingga Anda dapat mulai mengenal apa yang membuat situs web Anda berfungsi.)

Ingin memulai dengan cepat? Pembuat situs web seperti Wix dapat membantu Anda memulai dengan desain situs web yang stylish, saat Anda mulai mempelajari konsep dan blok bangunan dari apa yang masuk ke situs web.

2. Baca Semua yang Anda Bisa

Mulai membaca. Karena Anda berada di blog ini, Anda mungkin terbiasa melacak apa yang terjadi di dunia desain. Teruslah membaca.

Baca semua yang Anda bisa tentang desain, tren, dan teknik situs web, serta praktik terbaik. Ikuti desainer yang Anda kagumi di media sosial.

Berikan jaring lebar untuk membaca desain situs web Anda juga. Baca tentang dasar-dasar untuk mempelajari beberapa kode, baca tentang teori desain dan baca tutorial dan artikel saat ini.

3. Jadilah Seorang Komunikator yang Efektif


Jika Anda bukan orang yang paling pandai bicara, tingkatkan keterampilan itu. Sebagian besar dari desain situs web adalah komunikasi.

Desainer situs web harus berkomunikasi dengan klien secara teratur untuk mencari tahu masalah apa yang perlu dipecahkan oleh desain; mereka harus mengkomunikasikan solusi itu dan mengimplementasikannya juga.

4. Berlangganan Tuts + & Envato Elements

Pertimbangkan langganan Envato Elements, yang juga memberi Anda akses ke sumber belajar Tuts + yang luar biasa.

Tuts + menerbitkan kursus reguler tentang desain grafis dan web, mulai dari teknik dasar, hingga pendekatan dan pengembangan canggih terbaru. Ini sepenuhnya serba otomatis, diajarkan oleh instruktur ahli. Anda juga akan mendapatkan akses ke Envato Elements, yang merupakan sumber yang bagus untuk menemukan grafik, templat, dan lainnya untuk disambungkan ke pekerjaan desain web Anda.

5. Berpikir dalam HTML


HTML, atau bahasa marka hiperteks, adalah landasan desain situs web. HTML adalah kerangka yang membantu menciptakan struktur situs web dan begitu Anda dapat membaca bahasa, dunia desain situs web akan jauh lebih masuk akal.

W3Schools memiliki tutorial pemula HTML yang hebat dengan ratusan contoh HTML yang dapat Anda mainkan di layar untuk melihat apa yang terjadi dan bagaimana cara kerjanya. (Anda mungkin menemukan itu lebih intuitif daripada yang Anda bayangkan.)

6. Bermain dengan Kode di Codeacademy

Meskipun HTML adalah awal yang baik, Anda dapat mempelajari hampir semua bahasa pemrograman dari Codeacademy. Perangkat gratis mengajarkan Anda untuk membuat kode menggunakan aktivitas dan permainan interaktif.

Anda dapat mengambil kursus Codeacademy di mana dan kapan saja Anda membutuhkannya dan mulai dan berhenti sesuai kebutuhan. Pilih subjek untuk dipelajari – pengembangan web, pemrograman, ilmu data – atau bahasa untuk difokuskan – HTML & CSS (tempat yang bagus untuk memulai), Python, Java, SQL, Ruby, dan banyak lagi.

7. Belajar Memahami CSS


CSS, atau cascading style sheets, menentukan penyajian dokumen yang ditulis dalam HTML, atau XML dan SVG.

Seperti yang didefinisikan oleh Mozilla

Mozilla juga memiliki banyak koleksi sumber daya CSS untuk memulai, dengan pengenalan yang solid tentang cara kerja CSS, termasuk penyeleksi dan properti, menulis aturan CSS, menerapkan CSS ke HTML, cara menentukan panjang, warna, dan unit lain dalam CSS, kaskade dan pewarisan, dasar-dasar model kotak, dan debugging CSS. Kemudian modul beralih untuk menjelaskan teks dan kotak styling.

8. Terapkan Keahlian Desain Anda ke Web


Jika Anda sudah bekerja di bidang desain kreatif atau grafis, pikirkan hal-hal yang sudah Anda ketahui yang dapat Anda terapkan pada desain situs web juga. Prinsip-prinsip yang membuat sesuatu yang menarik secara visual tidak berubah berdasarkan medium dan semua teori desain itu akan berguna di ruang digital juga.

Sementara elemen-elemen seperti kode pembelajaran mungkin tidak terasa alami, memiliki latar belakang desain adalah bonus yang sangat besar. Apa gunanya situs web berkode indah jika tidak ada yang mau berinteraksi dengannya?